Apa Rencana Sobat YOUCAT di Masa Adven 2020?

#berimanbukanrecehan, #ADVENTure† 2020,
24 November 2020
Apa Rencana Sobat YOUCAT di Masa Adven 2020?

Kira-kira apa nih jawabanmu Sobat YOUCAT jika mendapatkan pertanyaan itu? Masih bingung? Atau sudah ada rencana?

Memang sih Adven tahun ini adalah Adven pertama kita di Masa Pandemi Covid-19. Dan harus diakui bahwa bagi banyak orang tahun 2020 adalah tahun yang sungguh berpengaruh dalam kehidupannya. Pandemi Covid-19 yang mulai masuk Indonesia sekitar Maret 2020 sungguh mengubah cara hidup banyak orang. Termasuk cara kita sebagai umat Katolik dalam beribadah. Melihat dari unduhan teman-teman di media sosial, ada dari mereka yang baru bisa merayakan Ekaristi di gereja setelah 9 bulan absen, namun ada pula mereka yang masih belum berani merayakan Ekaristi di gereja dengan berbagai pertimbangan.

Pandemi sudah mengubah Paskah kita tahun 2020 bahkan mungkin juga Natal 2020 ini akan jauh berbeda dari Natal di tahun-tahun sebelumnya. Namun akankah itu mengubah pula kesiapan iman kita menyambut Natal 2020 melalui Masa Adven ini?

YOUCAT Indonesia akan menyajikan beberapa sharing dari beberapa Sobat YOUCAT tentang apa yang hendak mereka lakukan dalam menjalani Masa Adven di dalam situasi Pandemi Covid-19 ini.

Mari kita simak sharing mereka…

Teoderikus Bimo: Ingin Terlibat dalam Perjumpaan dan Memberi Diri

24Nov Adv2

Sobat YOUCAT pertama yang akan berbagi adalah Teoderikus Bimo. Ia yang akrab disapa Bimo berasal dari Keuskupan Surabaya dan aktif dalam kepengurusan OMK Kevikepan Surabaya Utara. Lalu apa rencana Bimo di Masa Adven kali ini?

“Jujur pandemi ini bagi saya pribadi memang mengubah cara hidup…”, begitu ujarnya spontan ketika ditanyakan apa yang akan dilakukan di Masa Adven yang diselimuti Pandemi Covid-19 ini.

“Perjumpaan yang semula selalu melalui tatap muka baik itu formal seperti rapat ataupun yang informal seperti cangkruk dan sebagainya, kini berubah semua menjadi perjumpaan daring. Mulai dari cangkruk daring, rapat daring bahkan rapat kerja daring pun pernah saya lalui, baik itu di OMK Paroki, OMK Kevikepan maupun OMK Keuskupan…”, tambahnya.

Akan tetapi, menurut Bimo, uniknya, perjumpaan daring itu justru dapat membantunya untuk mengikuti banyak perjumpaan daring dari berbagai komunitas. Perlahan akhirnya hal tersebut dapat memperluas jejaring yang dimilikinya. Hal itu tentu saja berkah dari konsistensi perjumpaan dan kemauan kerasnya untuk memahami dan memperdalam relasi di jejaring tadi.

“Saya pikir perjumpaan daring ini masih relevan untuk Masa Adven, namun memang rutinitas perjumpaan yang terbatas itu akan memberikan tantangan baru, jenuh misalnya…” ujar Bimo menambahkan lagi. “Maka saya pikir perjumpaan yang mendorong terbukanya pribadi satu sama lain baik untuk bercerita ataupun memahami akan menjaga kualitas relasi komunitas tersebut, hal ini pun sudah kami lakukan bersama kepengurusan OMK Kevikepan Surabaya Utara…”, tutur Bimo yang terlibat pula dalam Komisi Kepemudaan Keuskupan Surabaya.

Lalu apa rencana Bimo di Masa Adven ini?

“Rencana pribadi saya dalam menjalani Masa Adven selama pandemi ini adalah mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran Yesus dalam kehidupan saya…”, tandas Bimo. Persiapan diri untuk menyambut kehadiran Yesus itu dalam benak Bimo rencananya akan dilakukannya melalui upayanya untuk lebih mau terlibat dalam perjumpaan dengan komunitas-komunitas dan juga memberikan diri lebih untuk melayani Gereja maupun juga masyarakat.

“Salah satu hal konkrit yang saya lakukan adalah di awal Oktober lalu adalah saya mendaftarkan diri untuk menjadi panitia KPPS Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Pada masa pandemi ini tentu keterlibatan kaum muda sangat dibutuhkan di tengah masyarakat…”, ujarnya bersemangat.

“Semoga kita semua mau memberikan diri untuk Gereja dan masyarakat... memberikan waktu, tenaga dan bahkan pikiran terutama bagi mereka yang sungguh membutuhkan….”, demikian harapan Bimo kepada Sobat YOUCAT sekalian di Masa Adven ini.

Siap Mas Bimo!

Maria Febri: Bersiap dengan Rekoleksi Adven dan Bacaan Rohani

24Nov Adv3

Dari Keuskupan Surabaya kita mencoba berkelana ke tetangga dekatnya yakni Keuskupan Agung Semarang. Salah satu OMK Keuskupan Agung Semarang, yakni Maria Febri pun merasakan hal yang kurang lebih sama yang dirasakan oleh Bimo. Ria, demikian panggilan akrabnya, sangat merasakan bagaimana Pandemi Covid-19 ini telah banyak mengubah kehidupan dan cara kita berkegiatan, termasuk pula cara peribadatan dan pelaksanaan kegiatan Gereja. Segalanya menjadi online.

“Karena sejak Corona datang saya juga jarang keluar rumah, maka untuk mengisi kegiatan Adven tahun ini di tengah Pandemi Covid-19, saya akan mencari info webinar berupa rekoleksi atau pendalaman seputar Adven…”, demikian rencana OMK yang aktif menulis di media sosial ini.

“Selain itu, rencananya juga ingin menyisihkan waktu untuk membaca buku-buku bacaan rohani…”, tambah Ria yang juga menjadi anggota Study Group St. Benediktus.

“Oh iya, mau coba jalanin ADVENTure† juga nih di tahun ini!”, seru Ria bersemangat.

Keren banget nih ya Ria rencananya!

Ada yang mau ikutan rencana Ria juga?

Jangan lupa ikutan ADVENTure† 2020 ya Sobat YOUCAT! Segera download kalendernya melalui link https://adventure.youcat.id/ biar kita bisa ber-ADVENTure† di Masa Adven ini!

24Nov Adv4

Cliff Tedyanto: Ingin Coba Pantang dan Puasa di Masa Adven

24Nov Adv3

“Pertama sih punya rencana pengen coba pantang gitu selama Adven. Mumpung ga banyak aktivitas di luar dan gampang atur makan…”, itulah jawaban spontan dari Cliff Tedyanto, OMK Paroki St. Laurensius, Alam Sutera, Keuskupan Agung Jakarta ketika ditanya tentang rencananya menjalani Masa Adven di tengah Pandemi Covid-19. Menurut Cliff, pantang dan puasa Adven itu sejatinya adalah salah satu tradisi kuno Gereja yang sudah jarang dilakukan lagi di masa kini. Oleh karenanya ia merasa tertantang untuk melakukannya.

Tak hanya ingin mencoba menjalani pantang dan puasa di Masa Adven, mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya ini juga berencana mempersiapkan diri menyambut Kristus di Masa Adven ini dengan membaca buku-buku seputar misteri penjelmaan. Hal ini sebenarnya sudah dilakukannya pada tahun 2019 lalu. Baginya jumlah buku yang dibaca bukan jadi target tertentu, tetapi justru ia berharap melalui bacaan-bacaan terkait misteri inkarnasi itu, perspektifnya semakin dicerahkan.

Wah top banget ya rencananya Cliff ini!

“Yang terakhir ya mumpung di rumah mau hias buat Natalan dan dengerin lagu-lagu of the season. Biar suasananya jauh lebih berasa….”, demikian Cliff memaparkan rencana pamungkasnya untuk mengisi Masa Adven yang “edisi spesial pandemi” ini sesuai semangat #dirumahaja.

“Kadang juga lagu-lagu bantu berimajinasi dan meditasi soal peristiwa penjelmaan. Jadi kurasa bantu dalam persiapan juga hehehehe….”, demikian tambah salah satu admin akun @saintpedia ini.

Semangat ya Cliff untuk rencananya di Adven 2020 ini!

Nah, demikianlah Sobat YOUCAT sekalian beberapa sharing dari teman-teman kita tentang apa yang mereka rencanakan dalam mengisi Masa Adven agar semakin bermakna meskipun dijalani di masa pandemi ini. Kita doakan semoga semua rencana mereka berjalan lancar ya!

Eh, kalo Sobat YOUCAT sendiri udah punya rencana belum ya?

Kalo belum, mungkin rencana dari Bimo, Ria, dan Cliff bisa jadi referensimu lho di Masa Adven ini, Sobat YOUCAT!

Eits, jangan lupa juga ikutan ADVENTure† 2020 YOUCAT Indonesia ya supaya Adven-mu di masa pandemi ini ga cuma rebahan aja dan lebih bermakna!

Ayo download kalender ADVENTure† 2020 YOUCAT Indonesia di link: https://adventure.youcat.id/!

24nov Adv5

Jangan lupa bagikan ke Sobat YOUCAT lainnya supaya kita semua bisa sama-sama ber-ADVENTure† di Masa Adven 2020 ini ya, Sobat YOUCAT!

Siap ber-ADVENTure† bersama YOUCAT Indonesia dan semua Sobat YOUCAT?! Siap dong ya!

(wlt)