#Express: Kembangkan Devosi, Kembangkan Cinta Kepada Hati Tersuci Maria

#berimanbukanrecehan, #peringatan, #hatitersucimaria, #maria, #devosi, #express,
20 June 2020
#Express: Kembangkan Devosi, Kembangkan Cinta Kepada Hati Tersuci Maria

Halo Sobat YOUCAT! Kemarin kita sudah memperingati Peringatan Wajib Hati Tersuci Santa Perawan Maria nih. Kita juga baca kalau sejarah Peringatan Wajib Hati Tersuci Santa Perawan Maria erat banget kaitannya dengan perkembangan devosinya. Nah, masih dalam semangat Hati Tersuci Maria, apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan devosi kita kepada Hati Tersuci Maria? Yuk kita simak bersama!

1. Berdevosi sabtu Pertama Devosi Sabtu Pertama adalah sebuah devosi yang dikhususkan untuk menghormati Hati Tersuci Bunda Maria. Bentuk awal devosi ini muncul pada abad ke-8 lalu semakin dikenal berkat penampakan Bunda Maria di Fatima pada tahun 1925 kepada Lucia.

Dari penampakan tersebut, Bunda Maria meminta kepada Lucia untuk berdevosi Sabtu Pertama selama lima bulan berturut-turut serta menyebarkannya untuk melakukan silih atas jiwa-jiwa orang yang berdosa dan menghibur hati Bunda Maria yang sedih dan terluka karena dosa-dosa manusia.

Ini dia yang Bunda Maria minta untuk kita lakukan dalam Devosi Sabtu Pertama: menerima Sakramen Tobat, menerima Sakramen Ekaristi, mendaraskan lima Peristiwa Gembira Rosario serta merenungkannya selama 15 menit dengan ujud pemulihan Hati Tersuci Bunda Maria.

2. Berdoa Rosario 7 Dukacita Maria Rosario 7 Dukacita Maria adalah bentuk doa rosario lain dari doa Rosario yang biasa kita kenal. Rosario 7 Dukacita Maria ini sudah ada sejak abad pertengahan lho. Dalam Rosario 7 Dukacita Maria ini kita merenungkan 7 peristiwa dukacita yang dirasakan oleh Hati Tersuci Bunda Maria yaitu:

  1. Nubuat Simeon (Luk 2:22-35)
  2. Mengungsi ke Mesir (Mat 2:13-15)
  3. Kehilangan Yesus di Bait Allah (Luk 2:41-52)
  4. Maria bertemu Yesus di jalan menuju Kalvari (Luk 23:27-31)
  5. Maria berdiri di kaki Salib (Yoh 19:25-27)
  6. Maria menerima jenazah Yesus dipPangkuannya (Yoh 19:38-40)
  7. Jenazah Yesus diletakkan pada makam (Yoh 19:41-42)

3. Merenungkan Peristiwa-Peristiwa Rosario Ada cara mudah lainnya nih untuk meningkatkan devosi kepada Hati Tersuci Maria yaitu merenungkan peristiwa-peristiwa di dalam Rosario. Dalam merenungkan peristiwa-peristiwa ini, bayangkanlah diri kalian menemani Bunda Maria yang mengalami atau melihat setiap peristiwa Rosario yang sedang terjadi. Cobalah rasakan apa yang Bunda Maria rasakan, misalnya, ketika Yesus lahir, ketika Yesus disalib, atau ketika Yesus bangkit. Dengan merenungkan setiap peristiwa Rosario seperti ini, perlahan hati kalian akan akrab dengan Hati Tersuci Maria yang penuh cinta kepada Allah sehingga hati kalian pun akan terisi dengan cinta yang membara kepada Allah.

Nah, itu dia Sobat YOUCAT contoh-contoh yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan devosi kita kepada Hati Tersuci Bunda Maria. Dengan rajin mengembangkan devosi kepada Hati Tersuci Maria, semoga kita semakin akrab dengan Hati Tersuci Maria serta dapat mencintai Allah dengan cinta yang tulus seperti cinta Bunda Maria.