#Know: Menggali Semangat Know, Share, Meet, Express Dari St. Tomas, Rasul

#berimanbukanrecehan, #pesta, #santo-santa, #tomas, #know, #share, #meet, #express,
02 July 2020
#Know: Menggali Semangat Know, Share, Meet, Express Dari St. Tomas, Rasul

Selamat merayakan Pesta St. Tomas, Rasul Sobat YOUCAT semua!

Apa yang terkenal dari sosok St. Tomas Rasul? Kita mungkin akan langsung teringat dengan keraguan-keraguannya akan Yesus yang bangkit di dalam Yoh 20:19-29.Tapi ternyata, kita bisa menggali semangat Know, Share, Meet, Express dari kisah hidup rasul yang satu ini lho!

Mau tahu seperti apa? Yuk kita baca bersama-sama!

Know: Aku harus tahu imanku!

Meskipun St. Tomas terkenal dengan kisah keraguannya, akan tetapi di balik keraguannya itu ada sikap kritisnya lho! Ia ingin kejelasan apakah para murid sungguh-sungguh mengatakan kebenaran atau hanya membual. Sikap kritisnya ini tidak hanya sekali ia tunjukkan lho! Sebelumnya ia pernah bertanya kepada Yesus apa maksud Yesus dengan pergi ke Rumah Bapa pada saat malam perjamuan terakhir (bdk. Yoh 14:1-7).

Ia merasa penting untuk benar-benar mengetahui dan memahami tentang imannya. Ia akan terus bertanya dan meminta jawaban sampai akhirnya ia menemukan jawabannya dan berkata kepada Yesus: “Ya Tuhanku dan Allahku!” (bdk. Yoh 20:28).

Sikap ingin tahu inilah yang perlu kita pupuk terutama dalam Know. Kita perlu tahu betul apa yang kita imani agar kita tidak mengalami keraguan dan dapat mewartakan Yesus dengan keyakinan penuh. Di dalam Know inilah kita dapat memperdalam terus pengetahuan iman kita dengan berbagai penjelasan, bacaan Kitab Suci, kutipan buku-buku YOUCAT, dan tanya jawab hingga kita dapat dengan yakin dan tanpa ragu berkata bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allah kita.

Share: Pengetahuan ini penting, aku harus membaginya kepada yang lain!

Setelah ia tahu akan kebenaran imannya, bahwa Yesus sungguh-sungguh bangkit, ia lantas menjadi rasul yang mewartakan Yesus hingga ke India! Bayangkan kondisi waktu, Sobat YOUCAT, tentu bukan hal mudah ya untuk menjangkau India, tetapi karena St. Tomas telah yakin akan imannya, ia berani mengambil risiko untuk mencapai tempat terjauh sekalipun untuk mewartakan Yesus, Tuhan yang bangkit, seperti permintaan-Nya untuk mewartakan sampai ke ujung bumi.Ada contoh penting lainnya juga nih, Sobat YOUCAT yang bisa menunjukkan bahwa St. Tomas tidak menyimpan imannya untuk dirinya sendiri saja namun mau membagikannya kepada orang-orang di sekitarnya. Salah satu kisah yang mencolok itu adalah kisah St. Tomas yang membagikan kisahnya mengenai Bunda Maria yang diangkat ke surga. Menurut tradisi, St. Tomas adalah satu-satunya rasul yang menyaksikan bagaimana Bunda Maria diangkat ke surga beserta tubuhnya. Waktu itu, St. Tomas menjadi rasul terakhir yang mengunjungi makam Bunda Maria karena ia berada di India. Ketika ia mengunjungi makam Bunda Maria, ia menyaksikan bagaimana tubuh Bunda Maria diangkat ke surga dengan hanya menyisakan ikat pinggangnya. Merasa ini adalah kabar yang penting, ia pun mengabarkan ke rasul-rasul yang lainnya sehingga para rasul pun tahu tentang peristiwa Bunda Maria yang diangkat ke surga.

St. Tomas sadar bahwa apa yang ia alami dan ketahui tentang imannya adalah sebuah kabar yang sangat penting yang harus ia kabarkan ke semua orang. Oleh karena itulah ia mau mengabarkannya kepada banyak orang bahkan hingga pergi ke India yang sangat jauh dari Yerusalem.

Setelah kita tahu lebih banyak tentang iman kita dalam Know, kita harus sadari juga bahwa apa yang kita ketahui itu sangatlah berharga, tidak hanya bagi diri kita sendiri namun juga bagi keselamatan orang lain. Karena itulah, dalam Share kita selalu diajak untuk membagikan apa yang kita tahu dan alami tentang iman kita agar teman-teman kita juga ikut tahu dan semakin kaya pengetahuan imannya.

Meet: Perjumpaan dengan Yesus Mengubah Hidupku

Perjumpaan dengan Yesus yang bangkit menjadi titik penting bagi St. Tomas. Ia yang awalnya ragu menjadi percaya dan penuh semangat dalam mewartakan berkat perjumpaannya dengan Yesus. Begitu hebatnya perjumpaan dengan Yesus ini sampai-sampai ia menyatakan Keallahan Yesus dengan kata-kata yang sangat indah: “Ya Tuhanku dan Allahku” (bdk. Yoh 20:28). Coba jika ia tidak mengalami perjumpaan dengan Yesus, ia mungkin tidak akan menjadi rasul hebat yang mampu mewartakan Allah hingga ke India.

Pengalaman perjumpaan dengan Yesus adalah pengalaman paling berharga dalam hidup St. Tomas. Begitu berharganya perjumpaan dengan Yesus itu sampai-sampai pengalaman tersebut mampu mengubah hidupnya. Bahkan ia kemudian sanggup mempersembahkan nyawanya dalam karya pewartaannya di India.

Karena begitu pentingnya perjumpaan dengan Yesus itulah, tahap Meet atau perjumpaan dengan Yesus menjadi tahap yang tak boleh dilewatkan dalam Know, Share, Meet, Express. Dalam doa-doa kita pada tahap Meet, kita juga dapat berdoa agar Allah menyentuh dan mengubah hati kita seperti yang dialami oleh St. Tomas, Rasul.

Express: Aku Menyatakan Imanku Lewat Perbuatanku

Setelah ia tahu akan imannya dan diperkuat oleh perjumpaan dengan Yesus, St. Tomas kemudian mengekspresikan imannya dengan tanpa kenal lelah mewartakan Allah hingga ke India. St. Yohanes Krisostomus berkomentar tentang wujud ekspresi iman St. Tomas, Rasul ini: “Tomas, yang dulu imannya lebih lemah dari rasul-rasul yang lain, bekerja keras dalam rahmat Allah dengan lebih berani, saleh, dan tanpa kenal lelah daripada yang lainnya, sampai ia pergi mewarta ke hampir seluruh dunia, tanpa takut mewartakan Firman Allah kepada bangsa-bangsa barbar.”. Karena besarnya peran St. Tomas dalam pewartaan iman di India, umat Kristen di India sampai menyebut dirinya “Umat Kristen St. Tomas”.

St. Tomas, Rasul telah mengetahui imannya serta diperkuat pula oleh perjumpaan dengan Yesus dan kini saatnya ia mengekspresikan imannya: mewartakan Yesus ke seluruh dunia hingga akhir hayat.

Nah, Sobat YOUCA, setelah iman kita dikuatkan dengan pengetahuan baru, dengan sharing teman-teman yang lain, serta perjumpaan dengan Yesus, tibalah saatnya bagi kita untuk menyatakan iman kita dalam Gereja dan masyarakat. Itulah tahap Express, saat untuk mengekspresikan iman kita yang telah diperdalam dengan pengetahuan baru dan diperkuat oleh perjumpaan dengan Yesus dalam perbuatan-perbuatan nyata kita sehari-hari.

Itu dia Sobat YOUCAT, semangat Know, Share, Meet, Express yang dapat kita gali dari kisah St. Tomas, Rasul. Semoga dengan mendalami kisahnya ini serta terus memperdalam iman lewat Know, Share, Meet, Express, kita mampu menjadi pewarta yang tangguh, yang mewartakan Yesus dalam setiap perbuatan kita hingga akhir hayat kita.