Mengapa Orang Muda Perlu Berziarah?

#Ziarah, #OMK, #Refleksi, #Devosi, #Doa, #BerimanBukanRecehan,
30 July 2019
Mengapa Orang Muda Perlu Berziarah?

Kita sudah banyak membahas soal ziarah. Nah sebenarnya apa sih pentingnya ziarah? Mengapa kita perlu berziarah?

Merecharge Diri

Ada kalanya kita pasti merasa jenuh, hari-hari terasa sibuk sekali. Nah, ziarah membantu kita untuk merecharge kembali jiwa kita.

Dengan berziarah, kita bisa mengambil jarak dari kesibukan-kesibukan kita. Kita bisa menenangkan diri dari permasalahan kita. Kita pun akan terbantu dengan suasana tempat kita berziarah yang tenang dan dengan berbagai doa-doa favorit yang terus kita doakan selama ziarah.

Melalui ketenangan itulah, jiwa, raga, hati, pikiran, dan perasaan kita bisa beristirahat dan merecharge kembali tenaganya.

Membantu Kita untuk Bertemu dengan Allah

Tujuan berziarah pada dasarnya adalah membantu kita agar semakin dekat dengan Tuhan. Nah, selain mampu merecharge diri kita, ketenangan yang kita dapatkan juga membantu kita untuk semakin merasakan kehadiran Allah.

Nikmatilah ketenangan yang ada, syukuri perjalanan hidup kita yang telah kalian lalui hingga saat ini, bacalah mazmur atau ayat-ayat emas favorit kalian di Kitab Suci, doakan doa-doa favorit kalian, dan ikutilah Misa di Gereja setempat. Itu bisa membantu kalian untuk semakin merasakan kehadiran Allah dalam hidup dan peziarahan kalian.

Apalagi, jika kalian melakukan peziarahan dengan berjalan kaki. Bersikaplah terhadap setiap orang yang kalian jumpai, jangan ragu meminta bantuan bila kalian membutuhkan, dan jangan ragu pula untuk memberi bantuan ketika kalian lihat ada orang yang membutuhkan bantuan selama perjalanan kalian. Percayalah, beratnya perjalanan kalian akan membuat kalian semakin kuat dan setiap kebaikan yang kalian terima dari orang-orang akan membuat hati kalian semakin terbuka akan kasih dan kebaikan dari sesama dan dari Allah sendiri.

Menemukan Kehendak Allah Bagi Diri Kita

Ziarah juga merupakan cara yang bagus untuk menemukan kehendak Allah bagi kita. Melalui perjalanan dalam peziarahan kita, permenungan sejarah hidup kita, serta pemeriksaan batin dan doa-doa yang mendalam selama berziarah, kita bisa terbantu untuk menemukan kehendak Allah bagi kita.

Kita mungkin akan menerima suatu peneguhan yaitu semakin kuatnya niat kita atau bahkan pikiran kita akan terbuka untuk suatu kemungkinan yang benar-benar baru.

Untuk tujuan ini, ada baiknya kita juga meminta bimbingan seorang pembimbing rohani atau romo yang kita percayai.

Memberi Semangat yang Baru untuk Mewarta

Dengan berbagai pengalaman yang kita dapatkan selama berziarah, tentu ada banyak hal yang dapat kita bagikan kepada orang lain, terutama pengalaman kita disentuh oleh Allah selama peziarahan kita.

Apalagi, jika kita melakukan peziarahan dengan berjalan kaki dan telah dibantu oleh banyak orang. Tentu saja kita akan tergerak untuk lebih peka akan kebutuhan orang lain karena kita pun telah merasakan betapa bersyukurnya kita telah ditolong oleh orang lain

Dan Masih Banyak Lagi…

Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh melalui ziarah.

Tentu saja, ini semua tak lepas dari rahmat Tuhan. Oleh karena itu, mohonlah rahmat-rahmat tersebut kepada Tuhan. Dan percayalah, Tuhan akan senantiasa memberikan rahmat yang sesuai bagi kita, termasuk dalam peziarahan kita.

Selamat berziarah dan selamat memetik buah-buah rohani dalam peziarahan kalian.

>Yuk Direfleksikan

Apakah aku sudah cukup meluangkan waktu bagi Tuhan atau malah terlalu sibuk dengan kesibukanku sendiri?

Apakah aku sudah menghayati kegiatan ziarah yang aku lakukan selama ini dengan benar?

Apakah aku sudah cukup berserah dalam memohon rahmat peziarahan kepada Tuhan?

>Yuk Dicoba

Ketika ada waktu liburan, yuk luangkan waktu untuk berziarah. Jangan cuma asal berangkat saja, tapi yuk persiapkan dengan matang. Kalian bisa baca artikel ini untuk membantu kalian http://www.youcat.id/article/bagaimana-berziarah-persiapan-dan-sikap-batin/

>Yuk Dibaca

Youcat no. 20, 469, 470, 471, 472, 474, 478

Docat no. 4

Sumber internet

http://www.youcat.id/article/bagaimana-berziarah-persiapan-dan-sikap-batin/

http://fraterxaverian.org/blog/2017/11/18/devosi-pengembang-spiritualitas-umat-beriman/

http://stmikaelpa.blogspot.com/2010/06/ziarah-sebagai-suatu-bentuk-devosional.html

https://www.carmelia.net/index.php/artikel/spiritualitas/175-ziarah-sebagai-ungkapan-iman

http://yesaya.indocell.net/id388.htm