Orang Muda Main HP saat Misa? Apa Kata Tuhan!?

#OMK, #Refleksi, #BerimanBukanRecehan,
22 June 2019
Orang Muda Main HP saat Misa? Apa Kata Tuhan!?

Pernahkah kita yang sedang ingin khusyuk saat Misa tiba-tiba terganggu oleh orang di sekitar kita yang asyik sendiri dengan hpnya? Atau malah kita sendiri yang sering asyik dengan hp kita saat Misa? Bagaimana sih kita bisa memahami fenomena ini dan lebih menjiwai sikap kita di dalam Gereja.

Misa, Sebuah “Kencan” dengan Tuhan

Bayangkan kamu sedang berkencan dengan laki-laki/perempuan idamanmu, kamu pasti akan menyempatkan sebuah waktu khusus, memakai pakaian yang khusus, dan memilih tempat yang khusus pula agar mendapat kencan yang istimewa. Saat kencan itu berlangsung, kamu pasti ingin segala-galanya berlangsung dengan lancar dan tidak ingin ada yang mengganggu. Dan mungkin, kamu akan sangat terganggu kalau-kalau ada orang yang tiba-tiba menelpon salah satu dari kalian dan hp kalian berbunyi.

Dalam kencan itu juga, kalian pasti ingin masing-masing berusaha saling mendengarkan dan memberi perhatian yang penuh. Bayangkan kalau salah satu dari kalian malah asyik sendiri bermain-main dengan hp, pasti kalian akan merasa ilfeel dan kehilangan gregetnya dalam kencan kalian.

Atau bagi kalian yang tidak punya pacar, bayangkanlah kalian sedang bertemu kembali dengan sahabat terbaik kalian yang sudah lama tidak kalian jumpai atau kalian pulang kampung dan bertemu dengan orang tua setelah lama berada di tanah perantauan. Kalian pasti ingin quality time dengan mereka tanpa gangguan bukan? Atau juga bisa dibayangkan kalian yang sedang ingin bersenang-senang dengan hobi kalian tanpa ada yang mengganggu.

Nah, begitu pula ketika kita mengikuti Misa di Gereja.

Misa ibarat “berkencan” dengan Tuhan. Bayangkan, kalian menyempatkan waktu secara khusus, di tempat yang khusus, dengan pakaian yang khusus pula agar dapat bertemu dengan Tuhan dalam Sabda dan Ekaristi.

Tuhan, sebagai tuan rumah, sudah menunggu-nunggu kalian dan sudah mempersiapkan segalanya bagi kalian. Dan juga, Tuhan ingin berhubungan secara fokus, mesra, dan intim dengan kalian. Bayangkan, setelah apa yang Tuhan persiapkan untuk kalian, kalian malah asyik dengan hp kalian masing-masing.

Kalau dengan pacar, sahabat, dan orang tua saja kalian bisa tidak bermain hp dan bersemangat untuk saling bercerita, mengapa tidak dengan Tuhan, yang sudah menciptakan pacar, sahabat, dan orang tua untuk kalian?

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan?

Jangan asyik dengan hp saat Misa :)

Tuhan sudah mau hadir bagi kita saat Misa, oleh karenanya, ya sudah sepantasnya kalau kita juga mau hadir dengan sungguh-sungguh. Tuhan mau kok mendengarkan keluh kesah kita. Curahkan segala apa yang ada di hatimu kepada Tuhan. Jadikanlah saat Misa sebagai “kencan” atau “momen curhat” bersama Tuhan. Jauhkanlah hpmu untuk sementara waktu, dan mulailah bercakap-cakap dengan Tuhan dalam doa. Dengarkan Dia berbicara melalui Liturgi Sabda. Dan rasakan Dia hadir secara nyata dan masuk ke dalam diri kita melalui Ekaristi yang kita terima.

Kalau kita mampu mengusahakan kedekatan dengan Tuhan, yang menciptakan semua orang yang kita kasihi, saat Misa, niscaya kita juga akan dimampukan untuk menjalin kedekatan dengan orang-orang yang kita kasihi dalam hidup keseharian kita.

Selamat “berkencan” dengan Tuhan :)


Bacaan lanjutan:

http://www.katolisitas.org/bagaimana-sikap-kita-di-dalam-liturgi/

http://www.mirifica.net/2017/11/09/vatikan-paus-mengeritik-penggunaan-hp-dan-perangkat-komunukasi-lain-untuk-foto-saat-misa/