#RoadTo5ThYOUCAT: Kenalan Sama Buku-Buku YOUCAT yuk!

berimanbukanrecehan, #RoadTo5ThYOUCAT, #youcat, #youcatid, #docat, #bibel,
30 July 2020
#RoadTo5ThYOUCAT: Kenalan Sama Buku-Buku YOUCAT yuk!

Halo Sobat YOUCAT! Sobat YOUCAT tahu nggak ada berapa buku-buku YOUCAT yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia? Kamu sudah pada punya dan tahu isinya? Kalau belum, yuk kita kenalan satu per satu.

YOUCAT

30Juli2 YOUCAT, buku yang pali pertama hadir dengan warnanya yang khas yakni warna kuning, berisi Katekismus Gereja Katolik yang dikemas dalam bahasa anak muda. Isinya dibagi dalam 4 bab yang strukturnya sama dengan Katekismus Gereja Katolik. Serunya, buku YOUCAT ini ditulis dengan gaya tanya jawab sehingga ketika kita membaca buku ini kita bisa merasa seperti sedang bermain kuis. Selain itu, ada ilustrasi, gambar-gambar, YOUCAT Stickman, dan quotes dari para kudus dan tokoh-tokoh Kristiani yang membuat kalian akan semakin betah membaca buku ini. Buku ini cocok banget buat kalian yang ingin tahu semakin mendalam tentang iman Katolik, atau pun punya pertanyaan-pertanyaan seputar iman Katolik.

Buku YOUCAT hadir di Indonesia sudah sejak tahun 2012 lho! Lebih dulu daripada hadirnya YOUCAT Indonesia hehehe.. Hal ini tak lepas dari campur tangan Komisi Kepemudaan KWI yang ketika itu dinahkodai oleh alm. Mgr. John Philip Saklil sebagai Ketua Komisi dan RD. Yohanes Dwi Harsanto sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi.

YOUCAT - Katekismus Sakramen Penguatan

30Juli3 Kalau buku berwarna oranye ini pas banget buat kalian yang sedang persiapan buat menerima Sakramen Krisma atau Penguatan. Mengapa? Karena di dalam buku ini ada penjelasan-penjelasan singkat mengenai ajaran iman Katolik yang dapat semakin menguatkan iman teman-teman. Isinya ditulis dengan gaya bercerita yang menarik sehingga membuat kalian ingin terus membaca. Selain itu ada banyak sekali tips dan trik yang dapat menguatkan iman kalian.

“Tapi aku sudah menerima Sakramen Krisma.. Gimana dong?”, Tenaaangggg.. buku ini tetap mampu me-recharge iman kalian juga kok! Jadi kalian tetap bisa membaca buku ini kapan pun, Sobat YOUCAT!

Buku ini terbit pada tahun 2014 dan menjadi buku paling mungil dari YOUCAT hingga saat ini

DOCAT

30Juli4 Nah ini nih buku dari YOUCAT yang acara launching-nya paling “pecah”! Gimana nggak? Buku yang terbit pada tahun 2016 ini di-launching secara khusus dalam momen Indonesian Youth Day (IYD) Manado di hadapan 3000 orang muda dari seluruh keuskupan di Indonesia.

Buku biru ini berisi kumpulan Ajaran Sosial Gereja yang ditulis dengan gaya bahasa anak muda. Penasaran apa itu Ajaran Sosial Gereja? Kalian bisa pengertiannya di sini plus bagaimana menerapkannya dalam berbagai aspek kehidupan kita sebagai orang muda, misalnya dalam hal ekonomi, sosial, bermasyarakat, lingkungan hidup, hingga bermedia sosial. Kalian juga akan semakin mengenal dokumen-dokumen Gereja tentang Ajaran Sosial Gereja yang ditulis oleh para Paus karena di dalam buku ini akan ada ulasan mengenai 13 dokumen Gereja dari Rerum Novarum yang ditulis oleh Paus Leo XIII (1891) hingga Laudato Si dari Paus Fransiskus (2015). Menarik bukan?! Buku ini pas banget buat kalian para aktivis muda yang ingin menerapkan iman Kristiani di dalam setiap aksi yang kalian lakukan.

BIBEL

30Juli5 Kalau buku merah yang terbit tahun 2018 ini pas banget buat kalian yang pengen belajar mencintai Kitab Suci tapi sering merasa bosan. Kenapa? Karena di setiap halaman BIBEL ini ada ilustrasi YOUCAT Stickman yang tentunya nggak cuma bisa menggambarkan peristiwa dalam Kitab Suci namun juga bisa menghibur kalian semua. Selain itu, ada quotes dari para kudus dan tokoh-tokoh Kristiani lainnya, serta penjelasan-penjelasan tambahan di kiri, kanan, atau bawah halaman yang bakal membuat kalian semakin bersemangat dan ingin tahu tentang Kitab Suci. Menariknya lagi, di dalam BIBEL ini juga terdapat sharing dari beberapa orang muda yang ingin berbagi tentang inspirasi dari perikop Kitab Suci yang mereka baca. Di buku ini juga ada tips dan trik membaca Kitab Suci dari Paus Fransiskus agar kita semakin suka membaca Kitab Suci.

Yuk yang ngakunya pencinta Kitab Suci, beli buku BIBEL ini biar makin cinta Kitab Suci!

Buku Doa Orang Muda YOUCAT

30Juli6 Nah, kalau buku ini pas banget buat kalian yang sering punya pikiran “Bosan ah, doa itu-itu aja...” atau “Aduh, aku bingung mau doa apa...” Buku abu-abu yang terbit tahun 2019 ini berisi kumpulan doa yang bisa menemani hidup doa kalian tiap hari. Ya, tiap hari, karena di bagian pertama buku doa ini sudah disediakan doa-doa buat hari Senin sampai Minggu selama dua pekan. Nggak hanya itu, di bagian kedua buku ini juga ada doa-doa tematis yang dapat didoakan dalam berbagai kondisi. Doa-doa di buku ini juga bukan cuma doa-doa yang sudah banyak kita tahu saja lho, tapi ada juga doa-doa dari para kudus, dari Kitab Suci, dari tokoh-tokoh Kristiani, hingga orang-orang muda di seluruh dunia. Yang bikin keren banget, buku doa ini meskipun mungil bentuknya sehingga mudah dibawa kemana-mana berisi lebih dari 100 macam doa lho, Sobat YOUCAT! Kurang keren apa lagi coba?! Hehehehe...

Pasti seru deh berdoa bersama buku doa yang satu ini

Nah itu dia Sobat YOUCAT buku-buku YOUCAT yang sudah hadir di Indonesia. Bocorannya nih, ga cuma sampai buku-buku itu aja lho buku-bukunya YOUCAT… Jadi bakalan ada lagi nih buku-buku lainnya.. Tungguin ya!

Pengen punya buku-buku YOUCAT? Kalian bisa membelinya di Tokopedia YOUCAT Indonesia www.tokopedia.com/youcat

Audrey