Santo Lukas: Segenap Bakat Demi Pewartaan

#Santo-Santa, #Orang Kudus, #Santo, #Lukas, #Penginjil, #Injil, #Pewartaan, #Bakat, #Refleksi, #BerimanBukanRecehan,
18 October 2019
Santo Lukas: Segenap Bakat Demi Pewartaan

Siapa yang tidak kenal Santo Lukas? Ia adalah salah satu dari keempat penginjil. Selain itu, ia juga menulis Kisah Para Rasul. Mau tahu lebih jauh tentang Santo Lukas? Apa sih yang bisa kita pelajari dari Santo Lukas? Yuk kita simak!

Seorang Dokter yang Mewartakan Allah

Awalnya, Lukas adalah seorang tabib/dokter yang kafir. Ia mengenal Kristus lewat pewartaan Paulus. Setelah menjadi Kristen, ia mengikuti perjalanan Paulus ke berbagai tempat. Ia bahkan pernah pergi ke Roma untuk membantu Paulus menjelang kemartiran Paulus di Roma.

Sebagai orang Kristen yang mengenal Kristus di masa dewasanya melalui Paulus, ia memang tidak pernah bertemu langsung dengan Yesus. Akan tetapi, berkat kegigihan dan kecerdasannya, ia mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber secara rinci lalu menulisnya dengan sangat indah. Menurut tradisi ia bahkan mengumpulkan informasi tentang kelahiran Yesus melalui Bunda Maria sendiri. Seperti halnya pengalamannya dari seorang kafir menjadi seorang Kristen, ia menulis Injil bagi orang-orang yang baru menjadi Kristen untuk meneguhkan iman mereka

“Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.” ~Luk 1:3-4~

Segenap Bakat Demi Pewartaan

Bagi Lukas, ia sendiri mungkin tak pernah membayangkan kalau ia akan melayani Allah dengan cara menulis Injil dan juga Kisah Para Rasul. Bayangkan saja, ia awalnya seorang dokter yang kafir. Namun, dengan cara yang sangat indah, Allah menggunakan itu semua untuk semakin memperkenalkan Diri-Nya. Sebagai dokter dengan segala kecerdasannya, Lukas dimampukan untuk mengumpulkan informasi dari begitu banyak sumber, dengan sangat rinci, dan dengan bahasa yang indah dan enak dibaca. Dan sebagai seorang Kristen yang awalnya kafir, ia tahu benar bahwa Kristus hadir untuk segala bangsa dan ia juga tahu apa yang dirasakan orang-orang yang baru menjadi Kristen sehingga tulisan-tulisannya mampu menjawab keraguan-keraguan orang-orang yang baru mengenal Kristus.

Lalu, bagaimana dengan kita?

Percayalah, Allah yang sama pun bekerja atas diri kita. Ia pasti telah merencanakan yang terbaik bagi diri kita termasuk segala bakat yang kita miliki.

Yang perlu kita lakukan adalah terus-menerus mengembangkan segala kemampuan kita agar nantinya kita semakin siap juga untuk berkarya bagi Allah.

Selain itu, coba perhatikan juga perjalanan hidup kita dan passion yang kita miliki. Misalnya Lukas, ia mengalami perubahan besar dari seorang kafir menjadi pengikut Kristus dan dari situ tumbuh passion untuk mewartakan Yesus kepada segala bangsa serta mendampingi orang-orang yang baru menjadi Kristen. Cobalah minta rahmat Allah agar mampu melihat kejadian-kejadian penting yang ada dalam hidup kita dan passion yang muncul darinya. Bisa jadi Allah menunjukkan panggilan-Nya kepada kita melalui itu semua.

Ketika Allah memanggil kita, Ia memanggil dengan nama kita masing-masing. Itu artinya, ketika Ia memanggil kita, Ia tahu seluruh bakat, perjalanan hidup, dan passion kita. Jangan ragu untuk terus mengembangkan dan menggunakan seluruh bakat kita karena Allah pasti punya cara-Nya sendiri untuk menyalurkan bakat kita dalam hidup panggilan kita.


“Jika yang kita imani sungguh sebuah kebenaran, jika Injil benar-benar firman Allah, kita harus percaya dan hidup sesuai firman Allah, bahkan jika kita melakukannya sendirian.” ~Charles de Foucauld~


Yuk Direfleksikan

Apa saja bakat-bakat yang aku miliki? Apakah aku sudah dengan rajin mengasah bakat-bakatku itu?

Apa passion yang aku miliki?

Lihatlah perjalanan hidup kita masing-masing. Apa saja peristiwa-peristiwa besar yang terjadi dalam hidupku (entah itu yang membahagiakan atau pun yang menyakitkan)? Tekad apa yang muncul akibat peristiwa-peristiwa tersebut? Mohonlah bantuan rahmat dari Allah untuk melihat dengan lebih jelas rencana Allah di balik peristiwa-peristiwa tersebut dan Ia ingin memanggilku ke arah mana.

Yuk kita jawab panggilan Allah dengan seluruh bakat, perjalanan hidup, dan passion kita!

Yuk Dibaca

Youcat no 11

Docat 305

https://www.katakombe.org/para-kudus/item/lukas.html