#Share: Mengapa Kita Perlu Menerapkan Metode Know, Share, Meet, Express dari YOUCAT?

#berimanbukanrecehan, #youcat, #knowsharemeetexpress, #share,
06 July 2020
#Share: Mengapa Kita Perlu Menerapkan Metode Know, Share, Meet, Express dari YOUCAT?

Sobat YOUCAT, masa muda adalah masa-masa di mana orang-orang banyak mencari tahu. Baik mencari tahu tentang dirinya, tentang sesamanya, tentang alam semesta, maupun tentang kebenaran imannya. Apa yang orang muda itu temukan dan ketahui nantinya akan mampu mengubah hidupnya.

Metode Know, Share, Meet, Express dapat menemani orang muda dalam pencariannya tersebut. Selain itu, buku YOUCAT pun dapat menjadi sumber materi yang mengantarkan orang muda menuju kebenaran akan imannya.

Metode Know, Share, Meet, Express adalah metode yang unik karena mampu memberikan kemungkinan orang untuk mengalami pertumbuhan iman secara personal hingga mampu keluar dari dirinya dan berdampak nyata bagi masyarakat. Dalam proses bertumbuhnya, orang muda perlu asupan materi serta panduan-panduan untuk menuju hidup yang benar. Di sinilah buku YOUCAT hadir bagi orang muda.

Sobat YOUCAT, mari kembali kepada pencarian orang muda.

Orang muda memiliki hasrat mencari tahu yang tinggi. Mereka tidak akan berhenti mencari tahu hingga mereka menemukan jawaban yang mereka cari. Penting bagi kita untuk memberikan jawaban-jawaban yang benar bagi orang muda, apalagi dalam hal iman. Dengan memberikan Know menggunakan buku YOUCAT, orang muda bisa menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mereka terkait iman mereka seperti pemahaman akan apa itu iman, sakramen, doa, serta bagaimana caranya hidup yang benar sebagai orang beriman. Buku YOUCAT menjadi sumber materi yang bagus karena berisi katekismus atau ajaran iman yang benar namun dengan bahasa orang muda. Tentu saja, untuk bertumbuh tidak dapat dilalui dengan proses instant. Proses Know perlu didalami terus-menerus agar orang muda semakin tahu akan imannya dan pengetahuan tersebut masuk semakin dalam di dalam hatinya. Pengetahuan yang masuk ke kedalaman hati inilah yang akan mengubah orang muda tersebut.

Setelah orang muda tersebut diubah oleh pengetahuan tersebut, orang muda itu akan tahu betapa berharganya pengetahuan yang ia temukan. Ia akan menemukan dorongan dalam hatinya untuk membagikan apa yang ia ketahui tersebut seperti para murid dalam Kisah Para Rasul. Share mendorong orang muda untuk keluar dari dirinya dan berbagi sebagai salah satu wujud perubahan dalam diri mereka. Orang muda diajak untuk berbagi apa yang ia temukan agar orang lain juga dapat ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Pengetahuan iman yang telah mengakar melalui tahap Know tadi menjadi bekal bagi orang muda tersebut untuk berbagi dengan penuh keyakinan.

Share tidak akan dapat terjadi tanpa adanya perjumpaan. Dan harapannya, proses Share ini tidak hanya terjadi dalam percakapan sambil lalu namun dapat Sobat YOUCAT wujudkan dalam pertemuan-pertemuan yang berkelanjutan. Share baru akan benar-benar berdampak bila orang muda membentuk ruang-ruang perjumpaan di mana mereka dapat bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang iman mereka, di mana mereka bersama-sama membaca buku YOUCAT, merenungkannya, dan berbagi pengalaman mereka yang terkait dengan materi di dalam YOUCAT. Itulah mengapa perlu adanya Meet, atau perjumpaan bersama teman-teman lainnya.

Meet ini tidak hanya berarti berkumpul dengan teman-teman yang lain, akan tetapi juga perlu berjumpa dengan Yesus sendiri yang merupakan sumber kehidupan iman kita. Kita juga perlu menghadirkan Tuhan Yesus dalam setiap perjumpaan kita bersama orang lain. Kita perlu berbagi pengalaman bersamaNya kepada orang lain serta berbagi pengalaman kita kepadaNya. Kita perlu senantiasa membangun kedekatan dengan Tuhan Yesus. Kedekatan dengan Tuhan Yesus inilah yang akan memberikan roh kepada pengetahuan dan pengalaman iman kita. Pengetahuan kita akan menemukan daya ubahnya ketika kita mampu menemukan Tuhan Yesus di balik pengetahuan kita akan iman, sakramen, Kitab Suci, doa, dan di balik apa yang tertulis di dalam buku YOUCAT.

Sobat YOUCAT, setelah pengetahuan kita semakin mengakar, semakin dikuatkan oleh perjumpaan dengan Yesus, kita lalu diajak untuk mengungkapkannya dalam hidup sehari-hari melalui Express. Harapannya, orang muda dapat terus berkreasi dan menemukan cara-cara baru dalam mengungkapkan imannya, termasuk di dalam media sosial. Dengan kesaksian hidup mereka, mereka mampu mengajak orang muda lainnya untuk ikut belajar tentang apa yang mereka pelajari dan menemukan apa yang telah temukan. Mereka mampu menjaring orang muda lainnya untuk ikut merasakan sukacita iman yang telah mereka temukan, merasakan manfaat dari Know, Share, Meet, Express, dan berbagi tentang pelajaran-pelajaran berharga yang mereka dapatkan di dalam buku YOUCAT.

Buku YOUCAT adalah bacaan yang cocok untuk menjadi sumber materi dalam Know, Share, Meet, Express karena berisi kebenaran iman dengan bahasa orang muda.

(RD. Yohanes Benny Suwito, Direktur Eksekutif YOUCAT Indonesia)