Youcat Menjawab: Apa Sih Tugas Gereja Itu?

#Youcatdaily, #Youcatmenjawab, #Gereja, #Docat, #Youcat, #Sosial, #BerimanBukanRecehan,
17 September 2019
Youcat Menjawab: Apa Sih Tugas Gereja Itu?

Docat 20

Apa tugas Gereja dalam Rencana Besar Allah?

Rencana besar kasih Allah adalah penyelamatan dan penebusan semua manusia melalui Putra-Nya, Yesus Kristus. Gereja ada karena Yesus mengundang kita untuk memasuki persekutuan yang mendalam dan menyelamatkan dengan diri-Nya. Persekutuan ini, “tubuh Kristus”, adalah Gereja. Melalui baptis dan sakramen lainnya kita menjadi milik Kristus dan melalui Dia kita akan memperoleh hidup baru abadi. Dengan mendengarkan Sabda Allah, kita menaati kehendak-Nya. Gereja merupakan tempat manusia dapat berkembang di dalam kasih Allah. Gereja tidak berakhir pada dirinya sendiri. Ia bertanggung jawab terhadap manusia dan masyarakat, dan melalui karyanya harus menyumbang untuk perdamaian dan perkembangan umat manusia.


Kita sering kali mengangap Gereja hanyalah bangunan saja. Akan tetapi, sesungguhnya kita inilah Gereja itu. Ya, Gereja adalah persekutuan kita semua yang telah dibaptis dan menjadi Katolik.

Nah, sebagai anggota Gereja, kita pun wajib menjaga agar Gereja tetap hidup. Caranya adalah dengan terus mengembangkan hidup rohani kita melalui, misalnya, rajin datang ikut misa, baca Kitab Suci tiap hari, dan melakukan sikap devosi tertentu.

Selain itu, hidup yang cuma hidup tanpa arti tentu nggak seru, ya kan? Nah, agar hidup kita sebagai anggota dari Gereja semakin berkembang dan berarti, kita pun perlu mengembangkan hidup sosial kita.

Berbagilah. Lakukan apapun yang baik bagi sesama. Lihatlah orang lain tersenyum karena tindakan-tindakan baik nan sederhana yang rajin kita lakukan tiap hari. Dari situlah kita mampu merasakan greget hidup yang penuh arti.

Ya, seperti Tubuh Kristus yang dipecah-pecah dan dibagi-bagikan dalam Ekaristi, kita pun perlu menyediakan diri kita untuk berbuat baik bagi orang lain agar kita berkembang dan hidup kita menjadi penuh arti.

Itulah cara kita turut serta dalam rencana besar Allah sebagai bagian dari Gereja.

Yuk Direfleksikan

Bagaimanakah hidup rohaniku? Apakah cukup baik dan berkembang? Ataukah masih gitu-gitu aja? Apa yang bisa aku lakukan untuk semakin mengembangkan hidup rohaniku?

Apakah aku sudah cukup peka akan kebutuhan orang lain? Apa hal-hal baik sederhana yang bisa aku lakukan untuk orang lain disekitarku (orang tua, teman, sahabat, guru, dll)?

Yuk Dicoba

Yuk coba kita praktekkan apa yang sudah kita refleksikan. Bila perlu, buatlah jurnal tentang apa yang kita alami dan kita rasakan tiap kali kita melakukannya. Cobalah lakukan secara rutin dan coba rasakan apa perubahan yang mungkin terjadi dalam diri kita.

Yuk Dibaca

Docat 308

Youcat 122, 123