Yuk Kenalan Sama Minggu Kitab Suci Nasional

#BKSN, #Kitab Suci, #Alkitab, #sejarah, #berimanbukanrecehan, #MKSN,
06 September 2020
Yuk Kenalan Sama Minggu Kitab Suci Nasional

Ha? Minggu Kitab Suci Nasional? Ya, bener Sobat YOUCAT, Minggu Kitab Suci Nasional.

Kita kan sudah sering dengar Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Nah, kalau Minggu Kitab Suci Nasional apa ya? Ada nggak hubungan antara BKSN dengan Minggu Kitab Suci Nasional?

Daripada penasaran, yuk kita ikuti penjelasannya!

Sejarah Minggu Kitab Suci Nasional dan BKSN

Pertama-tama, kita kenali dulu nih sejarahnya.

Minggu Kitab Suci Nasional dan BKSN merupakan cara Gereja Indonesia untuk mengekspresikan secara nyata semangat dari dokumen Konstitusi Dogmatis tentang Wahyu Ilahi “Dei Verbum” dari Konsili Vatikan untuk memperkenalkan dan menghidupkan Kitab Suci di dalam umat. Langkah pertama yang dilakukan adalah menerjemahkan Kitab Suci ke dalam Bahasa Indonesia. Langkah kedua adalah mengajak umat beriman untuk tekun membaca Kitab Suci. Caranya? Dengan menyediakan satu hari Minggu yang dikhususkan untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Kitab Suci yang disebut dengan Minggu Kitab Suci Nasional.

Minggu Kitab Suci Nasional pertama kali diadakan pada tahun 1975 untuk menyambut peluncuran Alkitab lengkap ekumenis berbahasa Indonesia. Lembaga Biblika Indonesia (LBI) menyarankan agar setiap paroki mengadakan Ekaristi Syukur pada bulan Agustus dengan berbagai kegiatan berkaitan dengan Kitab Suci. Selanjutnya, pada tahun 1976, Hari Minggu Kitab Suci Nasional diadakan pada tanggal 24 atau 25 Juli. Kemudian dalam sidang Majelis Agung Waligereja Indonesia (MAWI) 1977, para uskup menetapkan Hari Minggu Kitab Suci Nasional diadakan setiap minggu pertama pada bulan September.

Kenapa sih bulan September yang dipilih? Karena Gereja Indonesia ingin sekaligus mengenang St. Hieronimus, yang menerjemahkan Kitab Suci ke dalam bahasa Latin. Santo yang kita peringati setiap 30 September ini terkenal dengan kata-katanya: “Tidak mengenal Kitab Suci, berarti tidak mengenal Kristus.” Dengan meneladani sosok St. Hieronimus ini, diharapkan kita semakin bersemangat untuk membaca Kitab Suci karena di dalamnya kita bisa semakin akrab dengan Tuhan Yesus.

Seiring berjalannya waktu, Minggu Kitab Suci Nasional ini mampu meningkatkan minat umat terhadap Kitab Suci. Umat jadi semakin tertarik untuk mendalami Kitab Suci sampai-sampai rasanya satu Minggu itu nggak cukup. Akhirnya, kegiatan pendalaman Kitab Suci yang awalnya hanya diadakan selama satu minggu tersebut diperpanjang hingga satu bulan yaitu sepanjang bulan September. Bagaimana dengan Minggu Kitab Suci Nasional? Kita tetap melakukannya yaitu pada minggu pertama di bulan September.

Jadi, Minggu Kitab Suci Nasional adalah cikal bakal dari Bulan Kitab Suci Nasional yang sampai saat ini pun masih kita lakukan yaitu pada minggu pertama bulan September.

Lalu untuk apa ada Minggu Kitab Suci Nasional?

Minggu Kitab Suci Nasional diadakan untuk memperkenalkan dan mendekatkan umat dengan Sabda Allah melalui Kitab Suci. Kitab Suci bukan cuma bacaan wajib buat para romo, frater, suster, ataupun orang-orang suci saja ya Sobat YOUCAT. Kitab Suci juga merupakan bacaan wajib bagi kita untuk merawat jiwa kita dan agar kita semakin dekat dengan Tuhan Yesus.

Karena hari ini adalah Hari Minggu Kitab Suci Nasional, yuk dibaca Kitab Sucinya! Yuk kita bangun niat buat rajin membaca Kitab Suci dan ikut pendalaman BKSN di OMK atau lingkungan kita masing-masing. Kalau bisa, yuk kita luangkan waktu untuk bersama-sama membaca dan mendalami Kitab Suci bersama keluarga masing-masing.

Apalagi, tema BKSN tahun ini menarik banget Sobat YOUCAT: “Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Iman dan Identitas”. Kalau kita ingin jadi pewarta Kabar Baik, kita harus tahu dong apa yang harus kita wartakan. Ya, Yesus Kristus sendiri. Dari mana kita bisa tahu tentang Yesus? Ya dari Kitab Suci.

Yuk buka dan baca Kitab Sucinya. Lebih greget kalau bacanya bareng-bareng sama keluarga.

Tahu yang lebih greget lagi? Baca Kitab Suci lewat buku BIBEL diiringi doa-doa dari Buku Doa YOUCAT!

Yuk miliki kedua buku ini, mumpung ada promo menarik di Tokopedia YOUCAT Indonesia!

Promo Bundle BIBEL+Buku Doa September