Yuk Misa! : Undangan Cinta dari Yesus

#Youcatdaily, #Misa, #Ekaristi, #Refleksi,
16 September 2019
Yuk Misa! : Undangan Cinta dari Yesus

Youcat no 219

Seberapa sering orang Katolik harus mengikuti perayaan Ekaristi?

Orang Katolik diwajibkan menghadiri perayaan Ekaristi pada semua hari Minggu dan hari-hari raya yang diwajibkan. Setiap orang yang sungguh-sungguh merindukan persahabatan dengan Yesus pasti akan sesering mungkin menanggapi undangan pribadi dari Yesus ke pesta perayaan itu. [1389, 1417]

Sebenarnya, bagi orang Kristen sejati, “kewajiban merayakan hari Minggu” adalah ungkapa yang kurang tepat seperti halnya “kewajiban mencium” bagi seseorang yang sungguh-sungguh saling mengasihi. Ketika orang saling mengasihi, ungkapan kasih bukanlah kewajiban. Tak seorang pun dapat menghidupi hubungan dengan Kristus tanpa pergi ke tempat di mana Dia menanti. Maka, sejak zaman kuno, perayaan Ekaristi telah menjadi “jantung Hari Minggu” dan kencan yang paling penting dalam pekan itu.


Halo sobat Youcat, apakah kamu rajin ke Gereja setiap hari minggu? Apakah kamu merasa bersemangat atau malah malas?

Nah, sekarang, coba bayangkan kalian sedang diajak ketemuan oleh orang yang kalian cintai. Misalkan, kalian diajak makan bareng sama sahabat atau pacar kalian, atau kalian diajak ketemuan untuk rekreasi bersama keluarga besar kalian.

Apakah kalian akan menolak begitu saja ajakan itu?

Tentu kita akan berjuang agar sebisa mungkin datang dan menemui mereka. Dan tentu kita akan merasa bersalah dan tidak enak bila kita tidak mampu datang menemui mereka. Itulah besarnya cinta kita.

Nah, apalagi dengan Yesus, Sang Sumber Cinta.

Yesus telah menebus kita lewat salib-Nya, ia mencintai kita dan mengakui kita sebagai sahabat-Nya. Dan kini, Yesus mengajak kita untuk menemui diri-Nya dalam acara Ekaristi setiap Minggu di Gereja.

Apa iya kita akan rela menolak undangan itu? Apa tega kita membiarkan cinta Tuhan kepada kita hanya berakhir bertepuk sebelah tangan?

Yuk buktikan cinta kita kepada Tuhan dengan datang ke pesta-Nya.

Dicatat ya undangannya, yaitu jadwal misa di Gereja kita masing-masing

Yuk Direfleksikan

Apakah aku sudah rajin ke Gereja setiap hari Minggu? Bagaimana aku mengikutinya? Bersemangatkah atau malah malas?

Pernahkah aku tidak datang ke Gereja pada hari Minggu? Bagaimana perasaanku waktu itu? Merasa bersalah atau malah biasa-biasa saja?

Maukah aku lebih mencintai Yesus dengan datang misa setiap hari Minggu?

Apa yang bisa aku lakukan agar aku lebih rajin datang misa setiap hari Minggu?

Yuk Dicoba

Yuk kita rajin-rajin datang ikut misa minimal setiap hari Minggu. Jangan lupa persiapkan diri dan batin sebaik-baiknya agar terasa lebih greget misanya. Ajak pula teman-temanmu yang mulai malas datang ikut misa agar sama-sama semakin mencintai Yesus.