YOUCAT Indonesia di Kongres Internasional YOUCAT ke-2, Iloilo, Filipina “Arise!” Bangkitlah!

YOUCAT Indonesia di Kongres Internasional YOUCAT ke-2, Iloilo, Filipina “Arise!” Bangkitlah!

12 November 2019

Pada tanggal 7-10 November 2019, delegasi dari Indonesia yang diwakili oleh RD. Yanuar (Paroki St. Cornelius, Madiun), Elisabeth Widjajakusuma (YOUCAT Indonesia), Evie Rina Lumowa, dan Dewi Sihaloho (Paroki St. Maria Annuntiata, Sidoarjo) mengikuti Kongres Internasional YOUCAT ke-2 di Iloilo, Filipina, bersama kurang lebih 1200 peserta dari setidaknya 19 negara lainnya. Kongres Internasional YOUCAT ke-2 kali ini mengambil tema “Arise!” (Bangkitlah!). Tema ini diambil dari kisah Yesus yang membangkitkan anak seorang janda di Nain (Luk 7:11-17).

Generasi yang Hilang

Arise!2

Figur anak muda di Nain ini mencerminkan “generasi yang hilang” (lost generation), termasuk anak-anak muda yang “hilang” di dalam dunia virtual/maya. Oleh karena itu, Kongres ini mencoba mendalami berbagai aspek kehidupan dari anak-anak muda yang “hilang” ini. Dan, seperti Yesus yang tergerak hati-Nya oleh belas kasihan, Kongres ini mengajak para peserta untuk mau membagikan pesan kehidupan dan belas kasih Tuhan, dan mengembalikan mereka pada ibunnya (Bunda Gereja). Inilah yang menjadi panggilan bagi semua pegiat YOUCAT, termasuk YOUCAT Indonesia untuk membangun jaringan dan bekerja sama mengembangkan materi-materi penginjilan bagi kaum muda secara kreatif dengan menggunakan teknologi terkini.

You Are A Mission

Arise!3

Di penghujung Kongres YOUCAT, Nunsius Apostolik untuk Filipina, Uskup Agung Gabriele Caccia berpesan kepada seluruh peserta bahwa “You are not just in mission, you are a mission!” (Kalian tidak sekadar berada di dalam misi, tapi kalian adalah sebuah misi). Pesan ini meneguhkan kepada seluruh peserta yang hadir, serta seluruh orang muda beserta para pendampingnya di seluruh dunia, bahwa mereka tidak hanya berada di dalam misi, namun merekalah misi itu!

Arise!4

Arise!5

Arise!6