YOUCAT Indonesia Mulai Menebarkan Jalanya di Jakarta!

YOUCAT Indonesia Mulai Menebarkan Jalanya di Jakarta!

04 February 2020

Sabtu, 1 Februari 2020 menjadi salah satu hari yang cukup penting bagi YOUCAT Indonesia, khususnya bagi mereka yang terlibat dalam merintis pengembangan YOUCAT di Keuskupan Agung Jakarta dan sekitarnya.

Mengapa?

Karena pada hari itu diselenggarakan Workshop Perkenalan YOUCAT di Jakarta.

Workshop Perkenalan YOUCAT di Jakarta ini menandai langkah YOUCAT Indonesia untuk merintis pengembangan karyanya di Keuskupan Agung Jakarta.

Hadir dalam Workshop Perkenalan YOUCAT ini beberapa perwakilan dari komunitas dan organisasi yang diundang untuk berkolaborasi dalam pengembangan YOUCAT di Jakarta, seperti Sehat Jiwa, Harapan Pemuda Indonesia, dan Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Unika Atma Jaya. Selain itu, hadir pula beberapa rekan muda yang sebelumnya pernah terlibat dalam pengembangan YOUCAT, dan juga pribadi-pribadi yang tertarik untuk terlibat dalam pengembangan YOUCAT di Jakarta.

Perjumpaan dalam Persaudaraan

Dalam penyelenggaraannya, acara ini dimulai dengan perkenalan singkat menggunakan games sederhana, dan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan YOUCAT melalui sharing dalam 2 (dua) kelompok yang dibawakan oleh Agustha Mandasari (Tata) dan Calista Virginia Leo (Calista) yang sebelumnya pernah terlibat dalam pengembangan YOUCAT. Usai sharing, dengan fasilitasi kedua rekan muda tersebut, para peserta mencoba merekap apa YOUCAT, serta apa saja dicita-citakan dan yang dilakukan oleh YOUCAT. Sharing ini kemudian dibagikan dalam Pleno sebelum acara dilanjutkan dengan paparan tentang YOUCAT serta rencana pengembangan YOUCAT di Keuskupan Agung Jakarta dan sekitarnya yang dibawakan oleh Willem L. Turpijn (Willem) dan William Cahyawan (William).

IMG20200201153905

IMG20200201153923

Sambutan Positif

“Acaranya seru! Semua yang terlibat jadi lebih mengenal YOUCAT itu apa dan apa yang mau dilakukan ke depannya, terutama untuk kegiatan-kegiatan yang mau dilaksanakan. Menarik sih, karena YOUCAT yang bermula dari buku katekismus anak muda sekarang menjadi lebih didasarkan pada suatu gerakan nyata yang dapat diikuti kaum muda juga.. Jadinya semangat Injil dapat diwartakan lebih nyaring lagi!”, ujar Rafael Dimas, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Unika Atma Jaya yang ikut hadir dalam Workshop Perkenalan YOUCAT di Jakarta.

IMG20200201162624

Sukacita yang sama disampaikan juga oleh Puspita Alwi yang lebih akrab disapa Putri, dari Sehat Jiwa. “Ikut kegiatan pengenalan YOUCAT adalah kesempatan belajar dan mengenal lebih dekat Agama Katolik. Senang sekali bisa mendapatkan perspektif baru dan pemahaman mengenai tantangan yang dihadapi YOUCAT Indonesia dan rencana pengembangan YOUCAT, khususnya untuk wilayah Jakarta… Kegiatan ini juga jadi wadah untuk membuka ruang diskusi dan kolaborasi untuk menjawab tantangan yang ada..”, tuturnya yang senang sekali akan rencana kolaborasi YOUCAT dengan beberapa komunitas, organisasi, dan/atau institusi di Jakarta ke depannya.

IMG20200201162813

Tanggapan positif atas rencana kolaborasi YOUCAT dengan berbagai entitas untuk pengembangan YOUCAT di Keuskupan Agung Jakarta dan sekitarnya juga disampaikan oleh Rafael Dimas. “Rencana YOUCAT untuk mau bekerja sama dengan beberapa komunitas lain, bahkan tidak terbatas pada Kaum Katolik saja, bagi saya merupakan suatu gerakan yang mendorong persaudaraan di kota besar seperti Jakarta.”, ujar mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Unika Atma Jaya angkatan 2018 ini. Lebih lanjut, ia pun menitipkan harapan pada rencana kolaborasi dan pengembangan YOUCAT tersebut. “Harapan saya dari kolaborasi dengan berbagai komunitas di Jakarta ini dapat mendorong kota-kota lain semakin mengenal YOUCAT!”, serunya singkat.

IMG20200201165920

Senada dengan Dimas dan Putri. Agustha Mandasari, warga Paroki Hati Kudus Yesus, Jonggol, yang akrab dipanggil Tata, juga merasakan sukacita yang sama lewat Workshop Perkenalan YOUCAT ini. Sebagai pribadi yang pernah terlibat dalam pengembangan YOUCAT sebelumnya, ia yang kini berprofesi sebagai guru swasta mengatakan, “Saya melihat banyak perkembangan positif yang terjadi dalam tubuh YOUCAT selama ini. Bergabung dan bekerja sama kembali di tempat ini seperti “kembali ke rumah”… Semoga ke depannya semakin banyak “penjala manusia” yang bersama-sama bekerja menguatkan iman remaja Katolik pada khususnya!”

IMG20200201172242

Lanjutan Simpul

Workshop Perkenalan YOUCAT di Jakarta ini juga menjadi lanjutan simpul pengembangan YOUCAT di Keuskupan Agung Jakarta dan sekitarnya yang sudah dimulai dengan pengembangan Podcast Peziarah feat YOUCAT Indonesia sejak akhir Oktober 2020. Podcast Peziarah feat YOUCAT Indonesia tersebut dapat terlaksana berkat dukungan dan pendampingan dari RD. Carolus Putranto Tri Hidayat yang setia manjadi narasumber untuk mengurai berbagai jawaban atas berbagai pertanyaan terkait Iman Katolik. Sebagai informasi, RD. Carolus Putranto Tri Hidayat yang akrab disapa dengan Romo Uut ini adalah seorang imam diosesan Keuskupan Agung Jakarta yang sehari-harinya menjadi Formator di Seminari Tinggi St. Yohanes Paulus II, Keuskupan Agung Jakarta dan pengajar di STF Driyarkara.

IMG20200201165955

Selain dapat terselenggara berkat dukungan dari rekan-rekan komunitas dan organisasi yang berkenan berkolaborasi, serta dukungan kehadiran dari rekan-rekan muda, Workshop Perkenalan YOUCAT di Jakarta dapat terselenggara berkat kebaikan hati Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) yang meminjamkan ruangannya yang berada di Ruang H, Wisma PKBI, Jl. Hang Jebat III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk digunakan dalam penyelenggaraan Workshop Perkenalan YOUCAT ini.

Yuk terlibat dan berkolaborasi!

IMG-20200201-WA0056

Buat semua Sobat YOUCAT yang ada di Keuskupan Agung Jakarta dan sekitarnya, YOUCAT sudah semakin dekat dengan kalian, lho! Yuk terlibat!

Tentu saja Tim YOUCAT di Jakarta akan senang sekali apabila parokimu, komunitasmu, atau organisasimu mengundang kami untuk berkenalan juga! Jika kamu tertarik untuk mengundang kami atau terlibat bersama kami, silakan hubungi kami ya…

Yuk bergerak bersama! Karena #BerimanBukanRecehan!

IMG-20200201-WA0051